Layanan rumah sakit baru-baru ini dihadapkan dengan kebutuhan pasien yang lebih humanis dan efisien. Pasien menginginkan antrian yang pendek, pemeriksaan yang tepat dan mudah untuk klaim asuransi. Dan itu semuanya dapat dilakukan dengan melakukan transformasi digital rumah sakit.
Proses diatas terlihat sederhana tetapi ketika rumah sakit sudah semakin kompleks, antrian pasien membludak, layanan tidak akan berjalan lancar dan dampaknya akan dirasakan pada kenyamanan pasien yang berujung berkurangnya kepuasan dan rasa percaya pada layanan rumah sakit.
Kepuasan layanan akan berdampak pada branding rumah sakit. Rumah sakit yang kurang humanis maka pasien enggan untuk ke layanan tersebut meski lokasi, harga cukup bersaing. Maka sudah saatnya, rumah sakit melakukan transformasi digital untuk meningkatkan efisiensi dan layanan.
Transformasi Digital Rumah Sakit
Proses transformasi ini sangat penting karena akan meningkatkan pelayanan, kualitas serta efisiensi rumah sakit. Ranah kesehatan yang memang memiliki operasional kompleks memang memiliki banyak tantangan termasuk infrastruktur teknologi yang nyatanya belum siap untuk transformasi digital.
Berikut beberapa tantangan transformasi digital pada rumah sakit:
- Belum didukung teknologi yang memadai sehingga semua masih bersifat konvensional dan terbatas
- Data rekam medis dengan kuantitas yang banyak akan menjadi PR besar karena harus masuk dulu ke database
- Kekurangan tenaga ahli yang mendukung transformasi digital
- Enggan untuk berubah karena sudah merasa nyaman dengan sistem yang sudah ada. Ketika melakukan transformasi digital maka artinya sistem yang konvensional akan diupgrade ke sistem yang baru dan otomatis perlu penyesuaian, transfer knowledge dan waktu untuk mengoperasikannya
- Keamanan data, ketika data masuk ke ranah digital maka kebocoran data akan menjadi perhatian utama
- Regulasi untuk pertukaran data yang belum diatur sehingga belum tahu aturan dan batasan untuk pertukaran data
Lalu, ketika kita memutuskan untuk melakukan transformasi digital maka rumah sakit akan merasakan dampaknya seperti:
- Penerapan Rekam Medis Elektronik (RME)
- Dapat mengembangkan aplikasi kesehatan yang mendukung layanan rumah sakit
- Sistem informasi kesehatan yang terintegrasi
- Efisien ketika menangani pasien karena database RME sudah terintegrasi
- Memangkas antrian pasien karena semua sudah digital mulai dari pendaftaran, administratif, penjadwalan bahkan pengelolaan RME
- Memudahkan untuk menganalisa data dan cepat untuk mengambil keputusan dan mengurangi resiko kesalahan medis
Salah satu provider yang menyediakan layanan transformasi digital rumah sakit adalah CallON.id. Dibawah naungan PT Solusi Tiga Selaras, CallON.id mampu membantu rumah sakit untuk go digital sesuai dengan kebutuhannya.
CallON.id menyediakan layanan supply chain management (SCM) untuk bagian administratif dan operasional yang komprehensif. Berikut adalah kelebihan CallON.id untuk kebutuhan rumah sakit Anda:
- Menyediakan layanan yang menyeluruh untuk bagian administratif termasuk manajemen klaim asuransi, pemrosesan penagihan, pengkodean medis dan manajemen data pasien
- Efisiensi dalam proses karena sudah didukung oleh tim ahli yang berpengalaman dalam penerapan sistem
- Transfer knowledge yang berkelanjutan sehingga tim layanan rumah sakit mampu mengoperasikan, menganalisa dengan baik. Training dan mentoring yang menyeluruh akan membantu tim operasional dalam di lapangan.
- Efisiensi biaya. Anda hanya akan membayar sesuai layanan yang Anda gunakan atau butuhkan. Bahkan untuk skala pengerjaan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
Menarik kan? Pastikan transformasi digital pada rumah sakit Anda bersama CallON.id. Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 5021 1001 atau via email [email protected] untuk mendapatkan dukungan terbaik.
Saatnya rumah sakit lebih humanis, efisien dan fokus pada kesehatan masyarakat. Pilih CallON.id untuk partner terbaik Anda.