contact center untuk travel agent

Bagaimana Contact Center untuk Perusahaan Travel

by

Dalam industri pariwisata yang dinamis dan kompetitif, perusahaan travel agent harus selalu siap untuk memberikan layanan pelanggan yang unggul. Salah satu kunci keberhasilan ini adalah dengan membangun dan mengoperasikan contact center perusahaan travel agent yang efisien dan responsif.

Contact center travel agent bukan hanya sebuah fasilitas untuk menerima panggilan pelanggan, tetapi juga sebagai pusat kontrol yang mengatur aliran informasi dan koordinasi antara pelanggan, agen perjalanan, dan penyedia layanan lainnya. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana contact center dapat memberikan pengaruh positif terhadap perusahaan travel agent dan mengapa CallON.id adalah mitra ideal untuk contact center perusahaan Anda.

Pengaruh Positif Contact Center terhadap Perusahaan Travel Agent

  1. Meningkatkan kepuasan pelanggan.
    Pelanggan dalam industri pariwisata seringkali memiliki kebutuhan yang spesifik dan waktu yang kritis. Contact center yang responsif dan efisien dapat membantu memenuhi ekspektasi pelanggan dengan cepat dan akurat. Dengan layanan multisaluran (omnichannel), pelanggan dapat menghubungi contact center melalui berbagai platform seperti telepon, email, live chat, dan media sosial, dan otomatis ini akan meningkatkan kenyamanan dan kepuasan mereka. Pelanggan dapat menghubungi layanan travel agent tanpa harus berganti saluran.
  2. Menangani reservasi dan booking.
    Contact center dapat membantu dalam proses booking dan reservasi, termasuk pemesanan tiket pesawat, reservasi hotel, dan modifikasi itinerary. Dengan agen yang terlatih dan sistem yang terintegrasi, proses ini dapat dilakukan dengan cepat dan tanpa kesalahan, memastikan bahwa pelanggan mendapatkan pengalaman yang lancar dan memuaskan. Apalagi untuk booking transportasi seperti tiket pesawat/kereta api/bus dll memerlukan kecepatan dan ketepatan. Jika proses booking dilakukan bertele-tele maka akan mempengaruhi harga, tanggal keberangkatan/kepulangan dan aneka fasilitas lainnya.
  3. Dapat menghadapi situasi darurat.
    Dalam industri pariwisata, situasi darurat seperti pembatalan penerbangan atau perubahan rencana perjalanan dapat terjadi kapan saja. Contact center yang siap 24 jam dapat menangani situasi-situasi ini dengan cepat dan profesional, memastikan bahwa pelanggan tetap puas dan merasa aman seperti ketika ada cancel pesawat, hotel booking yang berubah karena ada kondisi darurat.
  4. Meningkatkan efisiensi operasional
    Dengan automasi dan teknologi AI, contact center dapat mengotomatisasi tugas-tugas rutin, seperti menjawab pertanyaan umum melalui chatbot atau voicebot. Ini tidak hanya mengurangi beban kerja agen tetapi juga mempercepat respons pelanggan, sehingga meningkatkan efisiensi operasional secara keseluruhan. Ini juga bermanfaat untuk mengurai antrian panggilan, chat dll ketika terjadi saat peak season. Bayangkan jika Anda mengadakan flash sale atau promo tertentu maka tantangan yang timbul adalah berapa banyak tenaga customer service yang harus disiapkan. Tapi, akan berbeda ketika Anda memiliki contact center yang siap melayani apalagi mendapatkan dukungan teknologi dan CRM.

Sebagai contoh, ketika menyambut long weekend maka pemesanan/booking tiket maupun hotel akan membludak bahkan terkadang website/aplikasi akan susah diakses karena traffic yang tinggi, belum lagi masalah teknis ketika melakukan transaksi. Akan berbeda halnya ketika Anda mengoptimalkan contact center, maka pelanggan Anda dapat langsung menghubungi contact center dan melakukan booking langsung dengan agent.

Belum lagi, jika pelanggan Anda sudah terdata dalam sistem maka agent dapat menghubunginya menggunakan saluran komunikasi yang paling relevan dengan pelanggan, menanyakan kebutuhannya untuk booking tiket, tanggal keberangkatan, dst. Pelanggan dapat melakukan transaksi tanpa harus beralih ke website/platform lain dan bisa jadi mendapatkan penawaran special. Pelanggan merasa puas akan layanan dari perusahaan dan contact center.

Salah satu penyedia contact center yang siap membantu perusahaan travel agent adalah CallOn.id. Berikut adalah keunggulan CallON.id:

  1. Satu solusi dalam satu platform, dengan menggunakan teknologi omnichannel memungkinkan pelanggan menghubungi perusahaan melalui berbagai saluran komunikasi dengan pengalaman yang konsisten. Dengan fitur ini, Anda dapat meningkatkan kepuasan pelanggan sekaligus memperkuat hubungan dengan mereka.
  2. CallON.id memanfaatkan teknologi artificial intelligence (AI) sehingga mampu menjawab pertanyaan yang bersifat umum melalui chatbot/voicebot. Ini akan memangkas antrian dan beban kerja agent.
  3. Data pelanggan yang tersaji menyeluruh sehingga agent dapat melakukan tindakan sesuai kebutuhan/behavior dari pelanggan. Ketika agent mendapatkan data yang menyeluruh seperti berapa kali terjadi pembelian, channel pembelian, metode pembayaran dst maka agent dapat memudahkan untuk melakukan transaksi secara efisien.
  4. Laporan bersifat real time sehingga mudah untuk membaca pergerakan data, keputusan strategis dst. Laporan kinerja akan mudah diakses di dashboard dan mudah untuk dibagikan atau dijadikan bahan meeting mendadak.
  5. Dukungan tim ahli CallON.id yang siap membantu baik dari segi transfer knowledge, kendala ataupun maintenance. Anda tak perlu merekrut SDM dan mentrainingnya untuk mendapatkan tenaga professional
  6. Fleksibel baik dari skala maupun budgeting. Anda hanya membayar atas jasa atau kebutuhan yang diperlukan. Tak perlu membayar biaya-biaya diluar hal tersebut.

Bersama CallON.id, Anda bisa mengoptimalkan kinerja perusahaan travel agent dengan dukungan contact center yang sudah berpengalaman.

Hubungi tim CallON.id di (021) 5021 1001 atau via email [email protected] untuk konsultasi dan mendapatkan solusi atas kebutuhan contact center perusahaan travel agent.

CallON.id adalah partner bisnis untuk terus tumbuh dan berkembang.