Mengimplementasikan Teknologi Berbasis Cloud pada Contact Center

Mengimplementasikan Teknologi Cloud pada Contact Center

by

Implementasi cloud contact center menjadi sebuah terobosan yang wajib dioptimalkan oleh setiap perusahaan. Setiap industri memerlukan teknologi yang tidak sekedar up to date melainkan juga adaptive dan mampu mengefisienkan bisnis baik dari segi operasional maupun budgeting. Dengan dukungan cloud contact center maka dapat dipastikan layanan perusahaan Anda makin cepat dan tepat.

Cloud Contact Center

Adalah layanan contact center yang berbasis cloud atau komputasi awan yang memungkinkan layanan contact center dapat dikerjakan dari mana saja karena sudah didukung oleh teknologi terkini dan tentunya sistem cloud. Kegiatan agen seperti live, chat, sosial media, email dan chat bot dapat dijalankan dengan mudah karena dukungan sistem dan penyimpanan secara cloud yang real time.

Selanjutnya kita akan membahas industri apa saja yang cocok menggunakan teknologi cloud contact center jika dilihat dari turnover panggilan/chat yang masuk. Berikut adalah detailnya:

1. Industri keuangan seperti: bank, fintech dan microfinance

2. Industri asuransi seperti: asuransi jiwa, umm, kesehatan

3. Ecommerce dan retail

4. Pendidikan seperti kampus, sekolah, lembaga pelatihan/kursus

5. Telekomunikasi

6. Perhotelan, layanan wisata, travel

7. Healthcare seperti: rumah sakit, klinik, telemedicine

8. Layanan publik dan pemerintahan

Bisa dibilang hampir semua industri dapat menerapkan cloud contact center. Lalu apa saja manfaat dari cloud contact center:

1. Hemat biaya karena tidak memerlukan penyimpanan server fisik, PABX, serta ruang kerja. Bahkan untuk maintenance, backup dan update server cloud contact center ditangani oleh penyedia cloud yang sudah berpengalaman.

2. Fleksibilitas dan skalabilitas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Jika perusahaan Anda membutuhkan agen contact center dengan penambahan jumlah karena ada event special / flash sale dll maka cloud contact center dapat disesuaikan dibagian settingan tanpa harus menambah server, ruang kerja dll. Berikut juga sebaliknya dimana layanan sedang normal, maka agen serta kapasitas cloud dapat disesuaikan. Kemudahan inilah yang membuat langkah perusahaan lebih cepat serta tepat.

3. Cloud contact center mudah diakses meski Anda berada di daerah. Layanan dapat diakses selama Anda atau agen masih terhubung dengan jaringan internet.

4. Cloud contact center juga mendukung layanan omnichannel contact center dimana pelanggan dapat menghubungi perusahaan dari berbagai saluran seperti: telepon, chat whatsapp, sms, email bahkan sosial media. Pelanggan tidak perlu berganti saluran untuk tetap terhubung dengan agen dan artinya mereka tidak perlu mengeluarkan effort yang banyak untuk mengajukan pertanyaan bahkan komplain.

5. Monitoring dapat dilakukan secara real time karena terhubung dengan sistem cloud. Manager dan mereka yang membutuhkan data dapat mengakses nya secara langsung kapanpun dan dimanapun untuk melihat kinerja, membaca laporan dll.

Hadirnya cloud contact center bisa dibilang dapat diterapkan oleh semua industri baik dari skala kecil, menengah atau yang sedang berkembang pesat. Lalu bagaimana step by step untuk transformasi digital layanan ini:

1. Konsultasikan kebutuhan Anda dengan tim penyedia cloud contact center

2. Setup platform dan lakukan integrasi

3. Pelatihan agen dan admin

4. Uji coba

5. Go live

6. Monitoring

7. Evaluasi dan optimasi berkala

Salah satu provider yang menyediakan cloud contact center dan sudah memiliki pengalaman dalam melayani contact center di berbagai industri adalah CallOn.id. Di Bawah naungan PT Solusi Tiga Selaras, CallOn hadir sebagai solusi kebutuhan contact center yang fleksibel dan dapat disesuaikan skala kebutuhannya.

Lalu, bagaimanakah CallON.id mampu membantu Anda untuk transformasi ke cloud contact center?

1. Dengan dukungan teknologi Genesys Cloud dan CRM Salesforce yang siap mengoptimalkan teknologi cloud contact center

2. Dukungan konsultasi dan tim teknis 24/7 yang siap membantu Anda dalam transfer knowledge sehingga proses transformasi berjalan dengan lancar

3. CallON.id mematuhi peraturan dari Republik Indonesia dan Internasional terkait keamanan data

4. Didukung oleh tim ahli yang sudah berpengalaman dan tersertifikasi dalam menangani cloud contact center dan outsourcing contact center. Tim CallOn siap membantu perusahaan Anda untuk melakukan transformasi digital mulai dari persiapan, implementasi di lapangan, migrasi sistem dan teknologi serta monitoring dan evaluasi. Sehingga proses transformasi berjalan dengan lancar dan sesuai dengan target dan kebutuhan perusahaan.

Cloud contact center bukan lagi sebuah teknologi yang trend sesaat, melainkan sebuah kebutuhan agar bisnis Anda makin bertumbuh secara efisien, optimal, dan makin kompetitif di era digital. Sudah saatnya, Anda menjadi bagian dari perubahan teknologi dan tidak lagi sekedar berdiri ditepian pertarungan. Bersama CallON.id , perusahaan Anda siap

Jadikan CallON.id sebagai mitra bisnis Anda untuk terus tumbuh dan memberikan layanan yang prima. Untuk informasi detail hubungi (021) 5021 1001 atau email [email protected]